Desa Aik Batu Buding Utamakan Pengembangan SDM

by Siti Ropiqoh/IKP15 Oktober 2020
Image

Badau,– Kepala Desa Aik Batu Buding Kecamatan Badau Kabupaten Belitung, Isnadi mengatakan, Desa Aik Batu Buding lebih mengutamakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) daripada pembangunan fisik desa.

“Kalau pembangunan mungkin hanya tiga bulan sudah selesai, tapi kalau pengembangan sumber daya manusia itu akan berlangsung lama,” ujar Isnadi di ruang kerjanya, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, beberapa tahun terakhir ini Desa Aik Batu Buding terus menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi masyarakatnya. Mulai dari pelatihan Bahasa Inggris, berbagai kerajinan tangan, kepemanduan dan lain-lain. Bahkan saat ini sedang diselenggarakan Pelatihan Masyarakat Desa Dalam Pemanfaatan Sumber Daya dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Berupa Tanaman Hias Bonsai di Desa Air Batu Buding oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung. Tentunya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.                                                                                                                                                                                                       

Menurutnya dengan pelatihan budidaya bonsai nantinya bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Desa Aik Batu Buding, terutama bagi pecinta bonsai. Alasan dipilihnya budidaya bonsai adalah karena di Desa Aik Batu Buding memiliki beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai dengan kuantitas yang besar.

“Jenis bonsainya ada sekuncong, sekucong pelandok dan penyapu yang banyak tumbuh alami di padang-padang,” tambah  Isnadi.                                                                                                                                                                                                                                        Isnadi  juga berharap masyarakat desa Aik Batu Buding bukan hanya menjadi penonton, namun juga ikut memproduksi karena bahan baku yang ada di desa sangat banyak, yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan perekonomian.