Inilah Daftar Pemenang Lomba Karya Jurnalistik HPN 2021, Komunitas Telinsong Budaya Berikan Hadiah Tambahan

by Siti/IKP26 Februari 2021
Image

Tanjungpandan -- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Kabupaten Belitung dimeriahkan dengan lomba penulisan karya jurnalistik kategori pelajar dan jurnalis.

Perlombaan telah dibuka sejak tanggal 1-18 Februari 2021 dan proses penilaian dilakukan pada tanggal 19-22 Februari 2021.

Peringatan HPN kali ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung.

Penilaian dilakukan oleh tiga orang juri yang berasal dari Dinas Kominfo, perwakilan Persatuan Wartawan Belitung (Perwabel) dan Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Belitung. Unsur yang dinilai adalah struktur bahasa dan kerangka berfikir, sudut pandang (multi angle) dan kedalaman tulisan.

Pengumuman pemenang disampaikan pada peringatan HPN Kabupaten Belitung di Ballroom Hotel Bahamas Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Jumat (26/2/2021).

Hadiah diberikan langsung oleh Wakil Bupati Belitung didampingi Unsur Forkopimda, Sekda Belitung dan Kepala Diskominfo Belitung.

Selain hadiah dari Diskominfo Belitung, juara I kategori pelajar juga mendapatkan satu unit sepeda dari Komunitas Telinsong Budaya.

Ketua Telinsong Budaya, Fithrorozi mengatakan, banyak penulis hebat yang menebus karya mereka dengan darah, air mata dan penjara termasuk wartawan Bernas Yogyakarta.

"Kini jaman berubah, ada peluang ada teknologi yang membangkitkan literasi. Dan Diskominfo memberi ruang, Komunitas Telinsong Budaya mendukung karena literasi adalah salah satu objek pemajuan kebudayaan," ujar Fithrorozi.

Fithrorozi juga berharap agar pelajar era mileneal memiliki kemampuan untuk menguatkan empat pilar literasi yakni digital skill, digital ethic, digital culture dan digital safety yang dicanangkan Kominfo.

Berikut nama-nama pemenang masing-masing kategori.

Kategori Pelajar:

Juara I : Dewi Putri Romadona dari SMAN 1 Tanjungpandan

Juara II : Chelsie Auralya dari SMPN 2 Tanjungpandan

Juara III : Claritta Sekar Wangi dari SMPN 2 Tanjungpandan.

Kategori Jurnalis:

Juara I : Apriliansyah dari babel.antaranews.com

Juara II : Doddy Pratama dari Belitong Ekspres

Juara III : Adelina Nurmalitasari dari Harian Pos Belitung.