Peringatan Hari Pers Nasional Di Kabupaten Belitung Libatkan 70 Awak Media

by Arlan/IKP26 Februari 2021
Image

Tanjungpandan, Media Center – Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2021 di Kabupaten Belitung berlangsung meriah. Sekitar 70 awak media baik dari cetak hingga online hadir pada acara ini.

 

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie menyebut tantangan jurnalis kehidupan saat ini begitu besar. Jurnalis tidak hanya diharapkan menuliskan apa yang disampaikan narasumber, namun harus mampu menuliskan apa yang sebenarnya terjadi.

 

“Tantangannya adalah tidak hanya menuliskan berita berdasarkan apa yang disampaikan, namun menuliskan dan memperjuangkan apa yang dipercayai sebagai sebuah kebenaran,” ungkap Wabup Isyak saat memberikan sambutannya pada jumat (26/02/2021) di ballroom hotel bahamas.

 

Menurut Wabup kehidupan media disaat ini telah banyak berubah karena adanya perkembangan teknologi. Media cetak tidak lagi menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengakses informasi, kehadiran sarana melalui website membawa perubahan pola yang baru pula. Hal ini dipengaruhi oleh selera masyarakat dalam mengkonsumsi informasi yang mulai bergeser.

 

“Saya berfikir dunia pers dalam 5 tahun kedepan akan semakin berkembang, misalnya dengan kecerdasan buatan, seseorang hanya perlu berita, dan perangkat akan membacakan apa yang dituliskan dalam berita itu,” imbuh Wabup Isyak.

 

Perwakilan dari wartawan Fitriyadi, kami menyampaikan kepada pemerintah melalui Diskominfo menjadi penyelenggara hari pers ke 75. Menurutnya ini merupakan pertama kalinya kegiatan peringatan hari pers nasional di Kabupaten Belitung diselenggarakan oleh Pemkab Belitung. Adanya kegiatan ini menjadi bukti nyata pemerintah daerah terhadap insan pers di kabupaten Belitung.

 

“Tidak dipungkiri bahwa ini menjadi bukti perhatian pemerintah daerah terhadap insan pers di Kabupaten Belitung,”ungkap Fitriyadi

 

Kepala dinas Kominfo kabupaten Belitung, Mohammad Iqbal menyebut maksud dari kegiatan adalah sebagai wadah komunikasi pemerintah Kabupaten Belitung dan para Insan pers untuk sinergi dalam membangun Belitung agar lebih maju. Menurut Iqbal pers memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong pembangunan.

 

“tujuan dari kegiatan ini adalah agar terbentuknya sinergitas pemerintah dengan Insan pers dalam kemajuan Kabupaten Belitung. Terutama karena Belitung dalam tahap pemulihan ekonomi akibat pandemi, media merupakan salah satu ujung tombak dalam membantu pemulihan ekonomi,” ungkap Iqbal.