Belitung Tuan Rumah Explore Babel 2021, Dorong Pemulihan Ekonomi Daerah

by Arlan/IKP30 September 2021
Image

Tanjungpandan – Bank Indonesia menyelenggarakan program explore Babel 2021 di pendopo Pantai Tanjung Kelayang, rabu (29/09/2021). Kegiatan ini diikuti puluhan pelaku UMKM di Belitung.

 

Kepala Perwakikan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Herdika mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membangkitkan kembali sektor UMKM di Belitung. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong digitalisasi dalam pembayaran. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mendorong penggunaan aplikasi qris dalam pembayaran.

 

Bupati Belitung, Sahani Saleh menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepualauan Bangka Belitung, atas dukungannya kepada Pemerintah Belitung dalam melaksanakan upaya pemulihan perekonomian daerah, dengan menggerakan peluang pada sektor Pariwisatabl dan UMKM.

 

“Melalui sinergitas bersama, diharapkan pembangunan akan terus berjalan ditengah Pandemi Covid-19 demi kesejahteraan hidup masyarakat,” ungkap Bupati Sahani.

 

Upaya pemulihan ekonomi terus dilakukan pemerintah Kabupaten Belitung dengan menggiatkan kembali promosi pada sektor-sektor pembangunan, khususnya pada sektor pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah. Upaya ini dilakukan dengan menggunakan segenap sumber daya yang ada, menerapkan protokol kesehatan, dan kecanggihan teknologi informasi yang berkembang pesat.

 

Gubernur Bangka Belitung menyebut acara ini merupakan upaya dalam mendukung pemulihan ekonomi daerah dan dalam upaya mempercepat perluasan transaksi elektronik.

 

“Kami sangat mendukung acara ini, mudah-mudahan ada acara serupa yang dibuat setelah ini,” ungkap Gubernur Erzaldi.

 

Bagi Gubernur Erzaldi kegiatan seperti ini perlu terus didukung. Hal ini sejalan dengan semakin menurunnya angka penularan covid. Gubernur Erzaldi juga meminta Bupati Belitung dan Belitung timur untuk memastikan angka penularan covid di daerah masing-masing. Hal ini mengingat adalah pulau Belitung adalah destinasi pariwisata. Angka aktif covid merupakan salah satu pertimbangan wisatawan sebelum memutuskan untuk berwisata.