Pemkab Belitung Segera Benahi Infrastruktur Sambut G20

by Arlan/IKP27 Januari 2022
Image

Tanjungpandan – Pemerintah Kabupaten Belitung segera lakukan pembenahan di sejumlah infrastruktur. Pembenahan tersebut dalam rangka menyambut kegiatan pertemuan antar Menteri Pembangunan di G20 september nanti.

 

Rencana pembenahan ini dibahas dalam rapat yang dipimpin Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie pada kamis (27/01/2022). Rapat ini diikuti sejumlah pimpinan OPD dan perwakilan dari Kementerian.

 

Wabup Isyak menyebutkan banyak hal yang akan diperbaharui dalam menyambut kegiatan G20 tersebut. Meski tidak dituliskan secara detail, pertemuan antar Menteri Pembangunan disebutkan memiliki standar infrastruktur tersendiri. Selain itu, pembenahan infrastruktur ini juga akan mendapat sentuhan budaya dan kearifan lokal.

 

“Yang pertama kita ikuti dulu standarisasi yang diharuskan, kemudian yang kedua kita menambah beautifikasinya dengan menambah dengan kearifan lokal dan kebudayaan, yang ketiga kita menonjolkan potensi Belitung, seperti bakau yang bagus, langit biru, laut yang jernih,” ungkap Wabup Isyak.

 

Lanjut Wabup Isyak menyebutkan bahwa beberapa standar yang harus dipenuhi sebelum penyelenggaran kegiatan ini, diantaranya adanya jalan yang bagus, adanya trotoar yang rapih, serta taman-taman yang terjaga keasriannya. Sebagai tuan rumah Wabup menyebut Belitung harus berkreasi dan menonjolkan keunggulan daerah.

 

Ada beberapa infrastruktur yang rencananya akan dibangun. Salah satunya adalah pembangunan gerbang di desa bulu tumbang. Wabup menyebutkan bahwa pembangunan gerbang ini merupakan tantangan tersendiri, mengingat pelaksanaan kegiatan tinggal beberapa bulan lagi.

 

Selain gerbang tersebut, Wabup juga menyebut beautifikasi ini dilakukan dengan pemasangan ornamen khas melayu Belitung, yaitu payung lilin, dan tanaman endemik Belitung, seperti simpor, dan bonsai-bonsai.

 

Wabup menyebutkan proses pembenahan ini akan mulai dilakukan pada bulan maret nanti. Harapannya pembenahan ini dapat diselesaikan pada akhir Juli 2022.

 

“Maret sudah mulai, dan akhir juli sudah harus selesai,” imbuh Wabup Isyak

 

Dalam rapat tersebut juga dibahas perbaikan infrastruktur lampu jalan di jalan protokol, serta pembangunan dermaga apung dari dan ke pulau lengkuas. Saat ini Pemerintah Belitung tengah berkoordinasi dengan pihak pemerintah Provinsi dan Kementerian untuk mewujudkan hal tersebut.